Hangzhou Bay Bridge adalah sebuah jembatan jalan raya yang sangat
panjang di wilayah pesisir timur China. Panjangnya 35,673 km (22 mil).
Hangzhou Bay Bridge juga merupakan salah satu jembatan trans-samudera
terpanjang di dunia. Pembangunan jembatan selesai pada 14 Juni 2007, dan
upacara pembukaan diadakan pada tanggal 26 Juni 2007. Jembatan ini
memperpendek jarak perjalanan antara Ningbo dan Shanghai dari 400 km
(249 mil) menjadi 280 km (174 mil ) dan waktu tempuh berkurang dari 4
jam menjadi 2,5 jam. Memotong jarak perjalanan antara dua kota pelabuhan
sejauh 120 km.
Jembatan ini dibangun di delta Sungai Yangtze yang mengalami beberapa
pasang surut tertinggi di planet ini. Lokasi jembatan juga rawan gempa
serta angin yang sangat besar selama musim angin topan. Bentuk jembatan
dipilih karena kekuatannya. Banyak jembatan menggunakan tiang pancang
beton untuk mendukung dek tapi Hangzhou Bay Bridge mengambil pendekatan
yang berbeda dan menggunakan tumpukan baja. Pilihan ini dibuat
berdasarkan fakta bahwa tumpukan baja akan lebih kuat terhadap korosi
dari gaya pasang surut yang sangat tinggi di teluk. Menggunakan tumpukan
baja, bukan tiang pancang beton juga membuat jembatan jauh lebih
constructable terutama dalam kondisi kerja yang sangat sulit yang akan
mereka hadapi. Hal ini beralasan karena melihat gelombang di teluk
mencapai 25 meter. Dalam kondisi itu, mustahil untuk membangun jembatan terpanjang dunia ini
tanpa menggunakan beberapa teknologi konstruksi terbaru. Selama
pembangunan jembatan, dua crane besar digunakan, yang pertama 2.200 ton
dan yang kedua 3.000 ton.
600 ahli menghabiskan waktu hampir satu dekade merancang jembatan terpanjang ini. Bahkan setelah hampir satu dekade, desain, penelitian, perencanaan, dan tantangan yang berbeda mereka hadapi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar