Jim
Cartlon, seorang wartawan Wall Street Journal, baru-baru ini
mengumpulkan keluhan dari para konsumen komputer Amerika. Dan ternyata
keluhan mereka jauh lebih konyol daripada yang kita kira.
Berikut petikan keluhan-keluhan konsumen yang super konyol itu :
1. Compaq pernah mempertimbangkan
untuk mengubah perintah Press ANY Key menjadi Press ENTER Key
dikarenakan banyaknya telefon yang menanyakan letak tombol ANY di
keyboard.
2. AST Technical Support menerima
laporan konsumen karena kesulitan menggunakan mouse. Saat Techinal
Support berkunjung, mereka menemukan mouse tersebut tidak bisa
digunakan... karena masih terbungkus rapi di dalam plastiknya.
Penggunanya (seorang wanita) takut dengan mouse (tikus) sehingga tidak
berani mengeluarkannya dari dalam plastik. Takut diserang mouse komputer
3. Di tahun 1980-an, ketika disket
masih berukuran besar, Teknisi Compaq pernah menerima keluhan seorang
konsumen yang disketnya tidak terbaca oleh drive-disk komputer. Setelah
diselidiki, ternyata konsumen itu sebelumnya memasukkan disket ke dalam
mesin tik dan mengetikkan label yang tertempel di disket itu.
4. Sebuah keluhan lain dari konsumen
AST yang mengatakan disket mereka terkena virus yang sulit dibersihkan.
Petugas AST meminta orang itu mengirimkan kopi disket yang terinfeksi
itu untuk dipelajari. Beberapa hari kemudian, petugas AST menerima foto
kopi disket dari konsumen tersebut.
5. Seorang konsumen DELL mengeluhkan
kalau dia tidak dapat mengirimkan fax via komputer. Setelah diarahkan
selama 40 menit lewat telepon, petugas DELL menemukan kalau konsumen itu
mencoba mengefax via komputer dengan cara memegang kertas yang akan di
fax di depan monitor, sambil menekan tombol SEND di layar.
6.
Seorang konsumen DELL lain mengeluh karena keyboard yang digunakannya
sudah tidak bisa berfungsi sejak dibersihkan. Ketika ditanya caranya
membersihkan keyboard, dia menjelaskan, Saya mencuci dan menggosok semua
bagian keyboard dengan sabun, dan membilasnya dengan air, lalu
menjemurnya.
7. Seorang konsumen DELL marah besar
karena tidak bisa menyalakan komputer yang baru dibelinya. Semua sudah
terpasang dengan baik. Tapi setiap kali saya tekan pedal kaki, tidak
terjadi apa-apa. Setelah diselidiki ternyata pedal kaki yang dimaksud
orang itu adalah mouse.
8. Seorang lagi konsumen DELL marah
besar karena komputer barunya tidak nyala. Dia menjelaskan semua sudah
terpasang dengan benar, dan ketika dia menunggu selama 20 menit, tidak
terjadi apa-apa pada komputernya. Ketika teknisi DELL menanyakan apakah
power switch sudah dinyalakan, dia balik bertanya, Power switch apa
9. Berikut adalah tanya-jawab antara petugas Novell NetWire dengan seorang konsumen
Penelepon : Hallo, dengan Tech Support
Novell : Ya, bisa dibantu
Penelepon : Tatakan cangkir di PC saya patah. Apa mungkin saya bisa menggantinya
Novell : Tatakan cangkir Apakah itu hadiah saat Anda membeli komputer
Penelepon : Tidak. Tatakan cangkir
ini sudah ada di komputer saya. Dan ketika saya meletakkan gelas saya di
atasnya, tatakan itu patah. Yang saya ketahui, di bagian depan tatakan
itu ada tulisan CD-ROM, 16X.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar